Cara Membuat Manipulasi Foto Burung Hantu Terbang untuk Pemula Dengan Photoshop

Dalam tutorial ini saya akan menunjukkan cara membuat karya seni burung hantu terbang menggunakan teknik manipulasi foto sederhana. 
Kami akan menggunakan tiga gambar stok: satu untuk latar belakang, satu untuk subjek utama, dan satu untuk latar depan. Anda akan belajar cara menggabungkan dan mengatur elemen berdasarkan tingkat pencahayaannya menggunakan lapisan penyesuaian, penutup, dan kuas. 
Di bagian akhir, Anda akan belajar cara membuat cahaya menggunakan teknik mudah yang dapat diterapkan ke berbagai foto.
Aset berikut digunakan selama produksi tutorial ini:
Buat dokumen 2000 x 1333 px baru di Photoshop dengan pengaturan yang diberikan:

file baru

Buka gambar hutan. Seret gambar ini ke kanvas putih menggunakan Move Tool (V) .

tambahkan hutan

Latar belakang yang sibuk akan membuat subjek utama (burung hantu) kurang menonjol. Kami akan menggunakan teknik populer untuk membuatnya terlihat terpisah dari subjek utama. 
Pergi ke Filter> Blur> Gaussian Blur dan ubah Radius . The Radius akan tergantung pada ketajaman gambar latar belakang yang Anda gunakan dan seberapa besar itu. Seret tombol Radius hingga Anda mendapatkan hasil yang serupa dengan yang di bawah ini atau hasil yang Anda inginkan. Dalam hal ini, saya telah mengaturnya ke 8 px .

hutan gaussian blur

Latar belakang terlihat agak terlalu gelap dan penuh kontras, sementara kami bertujuan untuk membuatnya lebih cerah dan lebih berkabut. Pergi ke Layer> New Adjustment Layer> Curves dan tingkatkan lightness.

kurva hutan 1

Pilih layer mask Curves dan aktifkan kuas bulat lembut dengan warna hitam (kuas hitam lembut) untuk melukis pada area berikut. Kami akan menambahkan cahaya ke bagian tengah dan akan mencerahkannya di tahap selanjutnya.

kurva hutan 1 masking

Tambahkan penyesuaian Kurva lain dan buat cahaya di kedua sisi lebih kuat. Gunakan sikat hitam lembut untuk menghapus bagian tengah karena alasan yang sama seperti pada langkah sebelumnya.

kurva hutan 2

Buka gambar pohon. Isolasikan pohon menggunakan Polygonal Lasso Tool (L) dan letakkan di sisi kanan kanvas.

tambahkan pohon

Balik pohon secara horizontal dengan memilih Edit> Transform> Flip Horizontal untuk membuat bingkai yang lebih baik untuk seluruh adegan.

pohon sandal

Ada beberapa detail yang tidak diinginkan di pohon. Tekan Control-Shift-N untuk membuat layer baru di atas layer tree. Atur sebagai Clipping Mask dengan menekan Control-Alt-G dan aktifkan Clone Tool (S) . Gunakan alat ini untuk menghapus detail yang ditunjukkan.

kloning pohon

Bagian kanan pohon terlihat hilang (cabang terpotong). Untuk memperbaikinya, pilih cabang kiri pohon menggunakan Lasso Tool dan tambahkan ke area yang hilang dari pohon yang ada.

tambahkan cabang

Klik ikon kedua di bagian bawah panel Layers untuk menambahkan topeng ke lapisan ini. Gunakan sikat hitam medium-keras untuk menghilangkan tepi keras dan campuran cabang dengan pohon besar.

masking cabang

Buat layer baru di atas cabang dan atur sebagai Clipping Mask . Gunakan Alat Klon untuk menghapus daun yang tidak diinginkan di bagian atas cabang ini.

kloning cabang

Pilih pohon, cabang, dan lapisan kloning, dan tekan Control-G untuk membuat grup untuk mereka. Ubah mode grup ini dari Pass Through ke Normal 100% . Tambahkan layer penyesuaian Hue / Saturation dan bawa nilai Saturation ke -87 .

saturasi rona pohon

Gunakan layer penyesuaian Filter Foto dan pilih warnanya #8fc9eb.

filter foto pohon

Buat layer penyesuaian Curves dan mengurangi cahaya. Ini untuk memperkuat bayangan di area tersembunyi pohon. Pada layer mask ini, gunakan sikat hitam lembut untuk menghapus kontur dan bagian depan pohon. Kami bertujuan untuk menambahkan cahaya ke kiri, sehingga bagian depan pohon harus cerah.

kurva pohon 1

Tambahkan layer penyesuaian Curves lain untuk mencerahkan bagian depan pohon. Pilih layer mask Curves dan cat pada area teduh pohon sehingga mereka tidak akan terpengaruh oleh lapisan penyesuaian ini.

kurva pohon 2

Beberapa bagian di bagian depan pohon masih belum cerah dan terlihat agak rata. Untuk memperbaikinya, buat layer baru di atas layer clone, ubah mode menjadi Overlay 100% , dan isi dengan abu-abu 50% .

DB file baru

Pilih Dodge and Burn Tool (O) dengan Rentang Midtones , Eksposur sekitar 20-25% untuk mencerahkan bagian depan pohon dan mengecat lebih detail untuk area ini. Variasikan ukuran kuas untuk mencapai hasil yang lebih baik. Anda dapat melihat bagaimana saya melakukannya dengan mode Normal dan hasilnya dengan mode Overlay .

DB menghasilkan mode normal
Mode overlay DB

Terapkan menghindari dan membakar ke cabang menggunakan metode yang sama.

cabang DB

Buka gambar burung hantu. Karena memiliki latar belakang putih, gunakan Magic Wand Tool (W) untuk mengisolasi burung hantu dan menambahkannya ke bagian kiri kanvas utama.

tambahkan burung hantu

Buat layer penyesuaian Kurva dan tingkatkan kecerahan. Pada layer mask ini, gunakan sikat hitam lembut untuk menghapus cahaya pada area tersembunyi (di bawah dan di dalam sayap dan tubuh bagian bawah) dan bagian tengah atas kepala burung hantu (karena cukup terang). Kita perlu efeknya terlihat hanya pada area yang terpapar cahaya.

kurva burung hantu

Tambahkan lapisan penyesuaian Filter Foto dan pilih warnanya #43bff2.

filter foto burung hantu

Buat layer baru, ubah mode menjadi Overlay 100% dan isi dengan abu-abu 50% . Gunakan Dodge and Burn Tool untuk memperbaiki beberapa detail pada sayap, ekor, dan cakar.

burung hantu DB
hasil DB owl

Buat layer penyesuaian Gradient Map di atas layer dan pilih warna #e10019dan #00601bTurunkan Opacity layer ini menjadi 20% .

seluruh peta gradien pemandangan 1

Buat layer penyesuaian Gradient Map lainnya dan pilih warna #052e3cdan #91c6e1Ubah mode lapisan ini ke Soft Light 100% .

seluruh peta gradien pemandangan 2

Gunakan lapisan penyesuaian Filter Foto dan pilih warna cyan ( #00acec).

filter foto seluruh adegan

Buat layer penyesuaian Curves dan tingkatkan sedikit kecerahan. Gunakan kuas hitam lembut untuk melukis di tepi, kecuali area tengah, di mana kami bertujuan untuk menambah cahaya.

kurva seluruh adegan

Tambahkan lapisan penyesuaian Vibrance untuk meningkatkan warna.

Seluruh adegan getaran 1

Pada tahap ini kita akan membuat cahaya menggunakan teknik yang mudah. Saya menggunakannya di sebagian besar proyek saya, dan itu sangat sederhana. 
Saya menggunakan dua lapisan, yang pertama dengan mode Linear Dodge dan yang kedua dengan mode Overlay . Pada lapisan pertama, gunakan nada gelap untuk kuas, biasanya dalam warna merah, emas, ungu, atau kuning, untuk membuat kilau cahaya. Warna yang digunakan akan tergantung pada warna latar belakang - mereka dapat warna yang kompatibel atau kontras. Anda tidak boleh menggunakan nada yang terlalu gelap untuk kuas karena dengan mode Linear Dodge efeknya sebagian besar tidak akan terlihat. 
Pada layer kedua, gunakan warna terang untuk membuat highlight. Jika gambar latar terlalu gelap, Anda dapat melukis lebih banyak highlight pada layer baru menggunakan warna kuas yang lebih terang, mempertahankan  mode Normal atau mengubah ke mode Overlay .
Dalam kasus kami, latar belakang memiliki warna cyan, sehingga cahaya emas yang cerah akan bekerja dengan sempurna di atasnya. Pertama, buat layer baru dan gunakan sikat lembut dengan warna #391508untuk mengecat area di atas burung hantu dan beberapa area di depan pohon. Ubah mode lapisan ini menjadi Linear Dodge 100% .

cahaya 1 mode normal
ringan 1 mode menghindar linier

Buat layer baru dan gunakan kuas kuning ( #f7c474) untuk melukis sorot dan cahaya yang dipantulkan pada burung hantu dan pohon. Anda bisa menggunakan layer mask untuk mengurangi cahaya pada area yang terlalu banyak dilakukan. Seperti yang disebutkan, atur mode layer ke Overlay 100% .

cahaya 2 mode normal
mode 2 hamparan cahaya

Buat layer penyesuaian Vibrance untuk meningkatkan efek akhir.

seluruh adegan getaran 2

Saya harap Anda menikmati tutorial saya dan mempelajari sesuatu yang baru. 

hasil akhir
Sumber : https://design.tutsplus.com/tutorials/create-a-flying-owl-artwork-with-photoshop--cms-27671

Comments